Tips Meningkatkan Kesehatan Mental

Tips Meningkatkan Kesehatan Mental

 

Bilikdata.com - Semakin dewasa, kita akan banyak dihadapkan dengan berbagai masalah yang menguras ketahanan mental. Hal itu jika dibiarkan, akan mengakibatkan mental semakin melemah sehingga berdampak buruk pada kesehatan fisik. Terdapat beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk menstabilkan kesehatan mental kita kembali. Berikut adalah 6 cara meningkatkan kesehatan mental.

Hubungan Sosial

Mempunyai seseorang yang bisa diajak bertukar pendapat atau mendengarkan keluh kesah kita sehari-hari akan membuat perasaan kita lega dan lebih baik. Apalagi jika ditambah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial atau organisasi, selain menambah relasi, juga akan meningkatkan kesehatan mental.

Rekreasi

Rekreasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran. Sesekali, kita membutuhkan rekreasi agar pikiran segar, sehingga kita mampu menjalani hari-hari berikutnya dengan perasaan yang lebih nyaman. Rekreasi bisa berupa kegiatan apapun yang kita senangi, seperti melakukan hobi, piknik, Jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Work Life Balance

Dengan memberikan batasan kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat, menyeimbangkan waktu bekerja dengan aspek kehidupan lainnya, itu merupakan bentuk usaha supaya kesehatan mental kita terjaga.

Dekat dengan Hewan Peliharaan

Memberi makan ikan, mengajak kucing bermain atau mengajaknya jalan-jalan akan membuat kita tenang, sebab tidak ada hewan yang akan mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan untuk didengar.

Humor

Sesuatu yang lucu tentunya akan membuat kita tertawa, ketika kita tertawa, sejenak kita melupakan masalah-masalah dan beban pikiran yang ada. Sehingga menurut penelitian, humor terbukti berguna untuk meningkatkan sistem imun, meringankan stress, memperkuat emosi positif, hingga meringankan rasa sakit. Salah satu contoh sumber humor yang bisa kita dapat adalah dengan menonton tayangan-tayangan yang lucu di media sosial, seperti acara stand up komedi atau reality show.

Spiritualitas

Selain kebutuhan sandang dan pangan, manusia juga membutuhkan asupan spiritual atau kerohanian. Banyak mendekatkan diri kepada Tuhan, mengikuti majlis ilmu, mendengarkan ceramah, dan lain sebagainya. Karena orang dengan spiritualitas yang baik cenderung memiliki kestabilan emosi.

Itulah 6 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental kita. Mulailah tanamkan dan biasakan dalam kehidupan sehari-hari, meskipun kita merasa kesehatan mental kita stabil, tak ada salahnya untuk mencoba dan menjadikannya sebagai kebiasaan agar kestabilan mental kita tetap terjaga.

Baca Juga: Tips Menghindari Distraksi Belajar

 

Penulis: Siti Nuryani

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama