Tips Menghindari Distraksi Belajar

 

Tips Menghindari Distraksi Belajar

bilikdata.com - Seringkali aku tidak fokus dan terdistraksi pada hal-hal yang tidak penting pada saat hendak melakukan sesuatu terutama pada saat belajar. Ada saja hal-hal yang justru malah membuatku fokus pada hal lain dan akhirnya yang awalnya sedang belajar malah terhenti dan tidak dilanjutkan. Hal itu biasa disebut dengan istilah distraksi belajar. Distraksi sendiri memiliki arti peralihan perhatian. Artinya perhatian kita saat belajar teralihkan pada objek lain.

Nah, bagi teman-teman yang merasa memiliki permasalahan yang sama, aku disini akan membagikan cara bagaimana menghindari distraksi saat belajar. Cara-cara ini sudah aku lakukan sendiri dan menurutku itu berhasil. Berikut tips bagi kalian agar tidak terdistraksi pada saat belajar.

Persiapkan Diri Kamu

Persiapan itu sangat penting apalagi dalam belajar. Kamu harus menyiapkan niat dan juga tekad yang kuat untuk belajar.  Salah satu caranya adalah dengan mengatur mindset kamu supaya lebih mementingkan prioritas kamu sebagai pelajar yaitu belajar.

Dan kamu juga harus ingat kalau sekarang kamu menunda belajar, kamu bisa bayangin ya gimana masa depanmu nanti.

Jauhkan Gadget

Tidak bisa kita pungkiri bahwa gadget adalah salah satu gangguan terbesar kita pada saat belajar. Tips bagi kalian yang tidak terlalu membutuhkan gadget atau hp pada saat belajar mending gadgetnya disimpen aja di tempat yang lumayan jauh dari tempat belajar kalian.

Lalu, bagi kalian yang memang butuh gadget pada saat belajar, mending kamu matiin aja dulu notifikasinya. Jadi saat kamu belajar, konsentrasi kamu tidak akan terganggu dengan hal-hal yang lain seperti chat dari teman atau notifikasi games.

Tetapkan Waktu Belajar

Kebanyakan dari kita termasuk aku berpikir bahwa belajar itu membosankan. Untuk mengatasi hal ini kita harus bisa menetapkan waktu belajar kita. Bisa 1 jam, 2 jam, atau 45 menit dan di waktu itu kita harus bisa fokus dan ngeblock semua waktu kita buat belajar. Dan sebaiknya pada tiap harinya dilakukan di waktu yang sama.

Selain itu, tips lain dari aku ialah dengan membagi waktu belajar dan istirahat kamu. Bagaimana caranya? Kita harus menetapkan dulu waktu kita belajar, kira-kira berapa lama kita belajar materi satu sub bab atau waktu mengerjakan satu tugas. Misalnya butuh waktu 30 menit, maka dalam waktu 30 menit itu kita harus fokus karena kita memiliki target. Setelah itu, kita istirahat selama 10 menit sebagai bentuk reward pada diri kita sendiri karena telah menyelesaikan satu tugas atau mempelajari satu sub bab materi. Nah, kegiatan itu bisa kita lakukan secara berulang.

Minta Privasi Dari Orang Lain

Terkadang pada saat kita belajar justeru kita merasa terganggu oleh orang-orang di sekitar kita. Misalnya ada yang malah mengajak kamu ngobrol dan kamu pun malah larut pada obrolan itu padahal isi dari obrolan itu pun tidak penting dan kamu tidak sadar waktu yang kamu habiskan untuk sekedar mengobrol sampai satu jam atau lebih.  Nah, cara yang bisa kamu lakukan yaitu kamu bisa bilang dulu ke orang lain bahwa kamu tidak sedang mau diganggu karena kamu sedang belajar.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Mahasiswa Baru

Itulah sedikit yang dapat aku bagikan mengenai cara-cara agar kita terhindar dari distraksi pada saat belajar. Semoga cara-cara ini bisa berlaku bagi kalian juga ya. Dan cobalah untuk tetap konsisten agar waktu kalian tidak terbuang sia-sia.

Penulis: Silvi Nurlatifah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama