Selenggarakan Studi Banding, Ponpes Al-Musyahadah dan Ponpes Al-Mu'awanah Pererat Persaudaraan

Pondok Pesantren Al-Musyahadah Jadi Tuan Rumah Acara Studi Banding Manajemen Organisasi Santri Serta Program Kerja Bersama Pondok Pesantren Al-Muawanah

Bilik Data - Minggu, 19 Maret 2023 lalu dilaksanakan studi banding antara Organisasi Santri pondok pesantren Al-Mu’awanah (OSAMU) dan Ikatan Pengurus Pondok Pesantren Al-Musyahadah. Ketua Umum Ponpes Al-Musyahadah yakni Ajang Suryana dan jajaran pengurus menyambut baik rombongan santri Al-Mu’awanah yang berjumlah 20 orang. Romboongan tersebut dipimpin langsung oleh Ari Rizky Abdillah sebagai Rois (ketua) dan diikuti oleh 19 orang sebagai perwakilan dari masing-masing departemen.

Dalam sambutannya Ajang Suryana memaparkan bahwa kegiatan studi banding ini tidak lain ialah untuk mempererat tali silaturahmi antar pondok pesantren. Selebihnya ada nilai plus yang didapatkan yaitu menjadi wadah untuk bertukar pikiran mengenai program atau manajemen keorganisasian yang ada di pondok pesantren. Sehingga apa-apa yang sudah dijalankan di masing-masing pondok, sambung Ajang, bisa dijadikan sebagai referensi baru dalam menjalankan Amanah kepengurusan.

“Pertemuan ini bukan untuk membandingkan siapa yang terbaik di antara kita, tetapi untuk saling memberikan manfaat dan saling menyempurnakan” ucap Ajang ketika menutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing departemen dan bidang yang ada di dalam organisasi kepengurusan Al-Musyahadah dan Al-Mu’awanah. Dari presentasi tersebut dapat diketahui potensi serta keunggulan dari kedua pondok tersebut. Al-Musyahadah unggul di bidang literasi yang memang menjadi ikon dari Almusyahadah itu sendiri, serta keunggulan lainnya yaitu dalam bidang pengembangan bakat santri yang dikemas dalam kegiatan Unit Pengembangan Minat dan Bakat santri atau disingkat menjadi UPMB.

Al-Muawanah sendiri unggul dibidang hubungan dengan masyarakat umum karena memang mengelola beberapa Lembaga yang berkaitan dengan masyarakat tersebut. Beberapa Lembaga yang dimaksud diantaranya ialah RA., TPA., serta DTA. Selain itu Al-Muawanah juga mengutamakan kaderisasi santri yang diwujudkan dalam pelibatan santri dalam berbagai panitia kegiatan.

Setelah presentasi selesai disambung dengan sesi tanya jawab dan diskusi. dalam diskusi tersebut dibahas mengenai bagaimana cara mengatasi oknum santri yang sering melanggar peraturan, cara memberikan sanksi, beberapa program yang dianggap penting untuk santri, serta cara mengelola santri yang baik.

Kegiatan studi banding ini ditutup dengan kerja sama produk kewirausahaan yang dimiliki Pondok Pesantren Al-Musyahadah (Mr. Sambal) yang dititipkan ke Almu Mart yang merupakan salah satu tempat wirausaha di Pondok Pesantren Al-Mu’awanah. Selain itu Al-Musyahadah juga memberikan tiga buah buku bacaan sebagai kenang-kenangan dan syiar literasi kepada Pondok Pesantren Al-Mu’awanah.

Penulis: Siti Suroh Holisoh

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama