Barito Putra vs Persib Bandung: Sempat Unggul di Babak Pertama, Maung Bandung Takluk di Tangan Laskar Antasari

 

Persib Bandung yang bertamu ke markas Barito Putra, tidak mampu meraih kemenangan. Walaupun di babak pertama sempat unggul, Laskar Antasari berbalik unggul di babak kedua dan meraih kemenangan

Bilik Data – Pada lanjutan BRI Liga 1, Senin 27 Februari 2023. Tersaji pertandingan yang mempertemukan Barito Putra dan Persib Bandung di Stadiun Demang Lehman Banjarmasin. Pada laga itu, Laskar Antasari selaku tuan rumah mampu mengandaskan perlawanan dari Maung Bandung selaku tamunya.

Dari menit pertama, Pangeran Biru langsung mengambil inisiatif untuk menguasai permainan. Walaupun beberapa serangan yang dirancang masih selalu patah di lapangan tengah Barito Putra. Persib Bandung baru mampu membuat peluang berarti pada menit ke-7. Ezra Walian memberikan umpan terobosan kepada Marc Klok, akan tetapi pemain berdarah Belanda itu mendapatkan gangguan dari penjaga gawang Barito Putra, Yoewanto Setya Beny. Sehingga sontekannya masih melebar ke sisi kanan gawang.

Setelah itu, beberapa kali Persib Bandung kembali merancang serangan. Kali ini serangan dibangun melalui dua wing back mereka, yaitu Rezaldi Hehanusa di sisi kiri, dan Henhen Herdiana di sisi kanan. Tetapi umpan-umpan mereka, masih belum bisa diconvert menjadi sebuah gol.

Baca Juga: Kalahkan Newcastle United di Final Carabao Cup, Manchester United Hentikan Puasa Gelar

Kehadiran Dedi Kusnandar di lini tengah Persib, terlihat memberikan dampak yang cukup positif dalam membuat Persib Bandung menguasai jalannya pertandingan. Melalui kontrol bola Dedi Kusnandar, Permainan Persib Bandung menjadi lebih rapi dan sederhana.

Pada menit ke-11 David Da Silva sempat melakukan tendangan keras, akan tetapi tendangannya masih bisa dihalau oleh penjaga gawang Barito Putra.

Satu menit berselang, Maung Bandung kembali mengancam pertahanan Barito Putra, kali ini giliran Daesuke Sato yang menanduk bola hasil umpanan Beckham Putra. Tetapi sundulannya belum mampu untuk kembali menggetarkan jala gawang Barito Putra

Pada menit ke-19 barulah gol tercipta di pertandingan ini. Anak asuh Luis Milla menciptakan gol melalui skema yang cukup apik, permainan satu dua antara Marc Klok dan Beckham Putra, yang selanjutnya memberikan sodoran kepada David Da Silva. Dengan tendangan yang sangat keras, David da Silva melesahkan bola yang tidak mampu dijaga oleh Yoewanto Setya Beny.

Torehan gol dari David da Silva di menit ke-19 itu, menambah pundi-pundi golnya menjadi 19 gol. Dan sementara memuncaki daftar top skor sementara BRI Liga 1 Indonesia.

Dalam keadaan tertinggal satu gol, Barito Putra lambat laun menaikan tensi permainan, mereka membuat peluang di menit ke-28, Rizki Pora memberikan umpan kepada Aditya Putra Dewa, tetapi tendangan Dewa masih melebar di sisi gawang Teja Paku Alam.

Pada menit ke-43, Teja Paku Alam mendapatkan kartu merah. Berawal dari serangan Barito Putra, Teja Paku Alam menangkap tendangan pemain Barito Putra di luar kotak penalti. Dengan itu Teja Paku Alam harus pergi lebih awal dari pertandingan sebelum peluit panjang ditiupkan. Dan Persib Bandung harus bermain dengan 10 orang pemain. Sampai berakhirnya babak pertama tidak ada lagi peluang serta gol yang tercipta.

Di awal babak kedua, dengan keunggulan satu jumlah pemain. Barito Putra langsung tancap gas membombardir pertahanan dari Persib Bandung. Pada menit ke-46 Bagas Kafa melakukan tendangan ke gawang Reki Rahayu yang mengisi kekosongan gawang Teja Paku Alam. Akan tetapi tendangan Bagas masih melambung jauh di atas mistar.

Di babak kedua Persib Bandung terlihat kelimpungan, beberapa kali serangan yang coba dirancang patah ditengah jalan. Sementara itu, Rizki Ripora dan kawan-kawan menambah daya serang dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Barito Putra mampu menguasai pertandingan, dan barulah di menit ke-64 Barito Putra mampu menyamakan kedudukan melalui gol dari Renan Alves.

Untuk meredam serangan anak asuh Rahmad Darmawan, Luis Mila mengambil inisiatif dengan memasukan beberapa pemain seperti Ahmad Jupriyanto, Febri Haryadi, Abdul Aziz, dan Erwin Ramdhani. Tetapi masuknya beberapa pemain itu masih belum mampu membuat Persib Bandung mengimbangi permainan dari Barito Putra.

Pada menit ke-73, Barito Putra kembali mengancam Persib Bandung, Nazar yang memanfaatkan kekosongan lini pertahanan Persib Bandung, melakukan tendangan keras, tetapi bola yang meluncur seperti roket justru membentur mistar gawang.

Serangan bertubi-tubi Barito Putra kembali membuahkan hasil di menit ke-78, kali ini giliran Gustavo yang mencatatkan namanya di papan skor. Dengan gol itu, Barito Putra berbalik unggul menjadi 2-1.

Di sisa menit pertandingan, Barito masih terus melakukan serangan. Hanya saja sampai peluit panjang ditiup, tidak ada lagi gol yang tercipta. Atas kekalahan yang diderita Persib Bandung, mereka tidak mampu menempel PSM Makasar yang ada di posisi pertama kelasmen sementara BRI Liga 1, sementara Barito Putra menambah tiga poin menjadi 25 poin, walaupun tambahan poin itu tidak mengubah posisi mereka yang tetap berada di posisi ke-16 kelasmen sementara BRI Liga 1 Indonesia.

Baca Juga: Epilog: Adzan Itu Mengepungku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama